PEMERINTAH KOTA SURAKARTA RAIH WTP KE-12 BERTURUT-TURUT

Kota Solo kembali menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Penghargaan WTP ini langsung diserahkan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. Pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022, Kamis, Sri Mulyani memberikan apresiasi kepada kementerian, lembaga dan pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten maupun kota yang memperoleh opini WTP. Kota Solo merupakan salah satu daerah yang mendapatkan penghargaan atas opini WTP 10 kali berturut-turut. Penghargaan yang diserahkan Sri Mulyani diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa. Dalam sambutannya, Sri Mulyani menyampaikan kegiatan rakernas tersebut dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan akuntabilitas keuangan dan kinerja, agar Indonesia bisa pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Hal yang juga penting adalah bagaimana APBN dan APBD bisa benar-benar bermanfaat, menjadi instrumen keuangan negara di pusat dan daerah dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi bangsa dan negara. Sementara itu Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa dalam talkshow di salah satu radio mengatakan sejauh ini Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berkomitmen untuk menjaga tata kelola keuangan daerah dan akuntabilitas. Di sisi lain, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Solo, Budi Murtono, mengatakan opini WTP tersebut diberikan BPK kepada daerah yang melakukan pelaporan keuangan sesuai dengan tata kelola keuangan yang baik. Tata kelola keuangan tersebut juga harus sesuai standar akuntansi pemerintah serta memiliki tingkat kecurangan dan korupsinya yang rendah dan sebagainya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa dalam talkshow di salah satu radio mengatakan sejauh ini Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berkomitmen untuk menjaga tata kelola keuangan daerah dan akuntabilitas.

Baca artikel Solopos.com “Mantap, Kota Solo Terima Penghargaan WTP 12 Kali Berturut-Turut” selengkapnya di sini: https://www.solopos.com/mantap-solo-terima-penghargaan-wtp-12-kali-berturut-turut-1429264.
Editor :
Penulis: Bayu Jatmiko AdiAnik Sulistyawati
Publish:

Mau Mobil SUV Idaman hanya dengan Rp.328/hari? Langganan Espos Plus Sekarang
Silakan berlangganan dan dapatkan berbagai konten menarik di Espos Plus.

Solopos.com – Panduan Insformasi & Inspiras

Leave a Comment